Manfaat Kurma Medjool



Manfaat Kurma Medjool

Kurma, siapa sih yang tidak mengenal buah manis kaya manfaat yang satu ini? Buah yang kaya akan khasiat ini ternyata memiliki banyak jenis loh! Seperti kurma mesir, kurma khalas, kurma lulu, kurma halawi, kurma ajwa, kurma Medjool, kurma Sukari dan masih banyak lagi jenis kurma lainnya. 
Manfaat Kurma Medjool

Kali ini kita akan membahas mengenai kurma medjool. Kurma Medjool adalah kurma yang berasal dari Arizona, Amerika serikat. Kurma ini memiliki warna coklat muda dan memiliki daging buah yang tebal. Kurma ini diberi julukan “Raja Kurma” karena ukurannya jauh lebih besar dari kurma lainnya. Panjang kurma ini bisa mencapai 10-15 cm loh.

Kurma Medjool memiliki aroma manis yang khas, sehingga banyak sekali orang yang menyukai kurma jenis ini. Bagi yang pernah mencobanya pasti tahu kalau kurma Medjool ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Selain rasanya yang enak, kurma Medjool kaya akan manfaat untuk kesehatan loh… yuk cari tau apa saja manfaat dari kurma Medjool ini

1.Membantu Pencernaan

Salah satu hal terbaik dari kurma Medjool ini adalah kandungan serat yang tinggi. Menurut penelitian dari Comell University, satu porsi kurma mengandung lebih dari 6 gram serat makanan. Serat makanan sangat penting karena membantu fungsi saluran pencernaan, serat dapat membantu menghilangkan sembelit dan memicu gerakan peristaltik dan mengatur gerakan usus. Serat juga dapat membantu meredakan wasir, kembung, kram, dan sakit perut.

2.Mengatur Tekanan Darah

Level kalium yang ada dalam kurma Medjool memiliki efek positif pada tekanan darah. Kalium adalah vasodilator, vasodilator adalah golongan obat yang digunakan untuk melebarkan pembuluh darah agar aliran darah dapat mengalir dengan lebih lancar. Kalium mampu meredakan ketegangan di pembuluh darah dan arteri. kalium dapat meredakan ketegangan pada sistem jantung dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

3.Meningkatkan Metabolisme

Vitamin B juga terkandung di dalam kurma Medjool. Niasin, asam pantotenat, dan asam folat, sangat penting untuk mengatur metabolisme. Tembaga juga ditemukan dalam kadar tinggi dalam kurma ini yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan berkontribusi untuk menghasilkan energi dalam tubuh.

4.Meningkatkan Pertumbuhan

Tingkat protein dalam kurma Medjool tidak terlalu tinggi, tetapi kombinasi kalsium, kalium, dan magnesium diketahui bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan terutama pada anak-anak. 

5.Mengatur Penyerapan Nutrisi

Dengan meningkatkan pencernaan, kurma Medjool juga dapat memastikan bahwa proses pencernaan kita efisien. Kadar tembaga dan kalsium juga meningkatkan ketersediaan zat besi dan kalium, yang bisa meningkatkan kesehatan. 

6.Meningkatkan Penglihatan

Kurma Medjool mengandung beta-karoten, yang dapat diubah menjadi vitamin A. Seperti yang kita ketahui vitamin A adalah antioksidan kuat yang sangat efektif untuk perawatan mata. Selama ini vitamin A selalu dikatakan dengan tingkat penurunan penglihatan yang lebih rendah dan perkembangan katarak yang lambat.

7.Mengurangi Kolesterol

kadar serat makanan yang tinggi selalu baik untuk orang yang memiliki kolesterol tinggi. Kurma Medjool dapat mengontrol kadar kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam journal of agriculture and food chemistry, kurma juga membentuk properti antithrombogenik. hal ini berarti kurma membantu mengurangi pembentukan timbunan lemak di arteri.

8.Memperkuat Tulang

Kurma Medjool mengandung kadar magnesium, mangan, tembaga, dan kalsium, yang diperlukan untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang dalam tubuh. Jadi, memakan kurma ini sebagai cemilan akan membantu membuat tulang kita lebih kuat dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.


Nah, itulah beberapa manfaat kurma yang dapat membuat tubuh kita semakin sehat, tentunya masih banyak manfaat lainnya. Semoga dengan mengkonsumsi buah kurma dapat menjaga daya tahan tubuh kita. 


4:00 AM - tanpa komentar