10 Manfaat Buah Pisang

Assalammualaikum wr wb

Pisang
? ya.. buah yang familiar di masyarakat yang mempunyai beberapa manfaat tersendiri. Harganya yang murah dan buahnya mudah didapatkan, menjadikan pisang menjadi buah yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.


Kali ini saya akan membagiakan 10 manfaat yang ada pada buah pisang, yaitu :





  • Kaya kandungan vitamin dan serat
  • Yang paling pertama adalah Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Pisang kaya akan kandungan potasium dengan kadar potasium mencapai 400mg di dalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap dapat menjaga kesehatan jantung anda.





  • Menurunkan berat badan
  • Manfaat buah pisang yang kedua adalah dapat menurunkan berat badan. Bagi yang bermasalah dengan kondisi berat badan, maka dengan rutin mengkonsumsi buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil yang berbeda dengan buah yang lainnya.







  • Meningkatkan kesehatan otak
  • Yang ketiga, ternyata buah pisang dapat meningkatkan kesehatan otakloh, yaitu dengan cara mengkonsumsinya secara rutin dan sebanyak 3 kali sehari sebagai makanan pencuci mulut, sangat mudah bukan?
     
  • Sumber energi
  • Manfaat pisang yang keempat adalah sebagai sumber energi. Mungkin diantara kalian ada yang belum tau jika kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Dengan Mengkonsumsi 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari.
     



  • Mengobati jerawat
  • Manfaat yang kelima adalah cara yang paling dicari oleh remaja (termasuk saya :D). Cara menggunakan buah pisang untuk mengobati jerawat yaitu, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.
  • Menghaluskan kulit wajah
  • Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.






  • Menyeimbangkan jumlah cairan
  • Yang ketujuh adalah dapat menyeimbangkan jumlah cairan pada tubuh. Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh. 
  • Mengatasi diabetes
  • Manfaat yang keenam adalah dapat mengatasi diabetes. Bagi untuk penderita diabetes, dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.
     



  • Mengobati sakit maag
  • Selain itu, manfaat pisang yang ke sembilan adalah dapat mengobati sakit maag. Buah pisang ini dapat dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.
     




  • Mengatasi anemia
  • Dan yang terakhir Pisang dapat mengatasi Anemia. Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.


    Sebenarnya masih banyak lagi manfaat buah pisang untuk kesehatan anda. Kuncinya hanya satu yakni diterapkan secara rutin.  Demikian ulasan tentang manfaat yang terkandung dalam buah pisang, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa dishare ya.


    Baca juga artikel terkait :

    4 Manfaat Buah Lemon 

    5 Manfaat Buah Apel 

    3 Manfaat Buah Zaitun 

    10 kandungan dan manfaat buah angur
     
    10 Manfaat Buah Semangka

    BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
    ONE SHARE ONE CARE

    Sekilas tentang penulis : Imam Firdaus

    Healthy IF adalah sebuah blog personal yang membahas berbagai macam informasi dari berbagai macam dunia kesehatan dari mulai manfaat hingga bahaya yang ditimbulkan dari berbagai macam tumbuhan dan lain sebagainya.

    14 comments Add Comments

    makasih gan sangat bermanfaat untuk saya yang suka pisang :v

    ahahha ada ada aja :D makasih jga atas kunjungannya :)

    saya skua pisang tapi belum tau manfaatnya.
    ternyata banyak juga

    thanks gan infonya, makin suka deh sama pisang :v

    bermanfaat min..info nya :D

    ahahah sekarang jadi atu kan gan :) makasih ya atas kunjungannya ;)

    aciee ciee ahahha :D makasih juga ya udah berkunjung :D

    syukur deh kalo bermanfaat :D makasih ya kunjungannya ;)

    Wah buah kesukaan gue nih,, apalagi pisang susu atau tanduk :D (gede)

    wkwkkwk ada ada aja :D langsung makan aja biar ada khasiatnya :D

    Wahh perlu diperbanyak makan pisang ni khasiatnya banyak banget

    ahha iya gan :D makasih ya udah mampir :D