Manfaat Teh Hijau



Manfaat teh Hijau

Mungkin bagisebagian orang tehhijau masih asing untuk didengar, namun bagi sebagian oeang juga mungkin sudah mengenalnya, sebelum kita membahas manfaatna, akan saya terangkan terlebih dahulu apa itu teh hijau.
Teh hijau (ryokucha) adalah teh yang sangat umum di Jepang sehingga bila disebut "teh" (ocha) maka kemungkinan besar yang dimaksudkan adalah teh hijau, dan baru disebut sebagai teh Jepang (nihoncha) kalau memang tersedia pilihan teh yang lain. Teh biasanya dijual dengan harga yang bergantung pada kualitas dan bagian dari tanaman yang dibuat teh.
Ada beberapa jenisteh hijau, diantaranya :
Gyokuro
Teh terpilih dari daun teh kelas atas yang disebut Tencha. Teh dinamakan Gyokuro karena warna hijau pucat yang keluar dari daun teh. Daun dilindungi dari terpaan sinar matahari sehingga mempunyai aroma yang sangat harum.
Matcha
Teh hijau berkualitas tinggi yang digiling menjadi bubuk teh dan dipakai untuk upacara minum teh. Matcha mempunyai aroma yang harum sehingga digunakan sebagai perasa untuk es krim rasa teh hijau, berbagai jenis kue tradisional Jepang (wagashi), berbagai permen dan coklat.
Sencha
Teh hijau yang biasa diminum sehari-hari, dibuat dari daun yang dibiarkan terpapar sinar matahari.
Genmaicha
Teh jenis bancha dengan campuran butiran beras yang belum disosoh (genmai) yang dibuat menjadi berondong. Teh mempunyai aroma wangi butiran beras yang setengah gosong.
Kabusecha
Teh jenis sencha yang daunnya dilindungi untuk beberapa lama dari terpaan sinar matahari sebelum dipanen. Aroma teh kabusecha sedikit lebih lembut dibandingkan dengan teh sencha.
Bancha
Teh kasar yang dibuat dari panenan yang kedua kali antara musim panas dan musim gugur. Daun teh untuk teh bancha biasanya lebih besar dari daun teh sencha dan aromanya tidak begitu harum.
Hōjicha
Teh yang digongseng di atas penggorengan atau di dalam oven.
Kukicha
Teh berkualitas rendah dari daun teh bercampur tangkai daun teh.

Nah setelah tau apa saja jenisnya sekarang mari kita bahas manfaat dari teh hijau, apa sajakah itu? mari simak penjelasan berikut ini

  1. Menjaga kesehatan kulit
    Kulit yang sehat adalah dambaan semua orang, namun sebagian orang masih  bingung untuk mendapatkan kulit yang sehat, nah dengan meminum teh hijau setiap harinya, kulit andaakan menjadi sehat.
  2. Membersihkan jerawat
    Hmmm mungkin jerawat adlah persoalan yang rumit bagi remaja, namun tenang saja, ternyata dengan meminum teh hijau kita dapat membersihkan jerawatloh.
  3. Dapat menurunkan berat badan
    Bagi anda yang ingin cepat menurunkan berat badan, ada baiknya anda untu mnegkonsumsi teh hijau, ternyata teh hijau dapat meningkatkan oksidasi lemak sebesar 17 % dan memabntu meningkatkan energi sebesar 4% dalam tubuh kita.
  4. Mengurangi resiko kanker
    Seperti halnya buah apel, teh hijau juga dapat mencegah terjadinya kanker, hal iini terjadi karena teh hijau juga sumber antioksidan yang bagus layaknya buah apel.
  5. Dapat meningkatkan kesehatan tubuh
    senyawa antioksidan di dalamteh hijau yang bernama Epigallocatechin Gallate / EGEG ternyata dapat melindungi sel-sel dan molekul tubuh dari berbagai ancaman atau kerusakan, yang berarti dapat meningkatkan kesehatan tubuh.


    mungkin sekian dulu dari saya, tentunya masih banyak lagi manfaat dari teh hijau, jangan lupa dishare dan berkomentar ya kawan :)

9:58 PM - 19 komentar

19 Komentar untuk Manfaat Teh Hijau

  1. saya taunya teh hijau cuma ngerampingin badan gan :D . nambah pengetahuan ni . sipp

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi selain diatas masih banyak loh gan, insyaallah ntar saya bahas lagi

      Delete
  2. Thank infonya gan tapi saya masih belum paham emang ada ya Teh yang digongseng di atas penggorengan atau di dalam oven.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Hōjicha gan? iya teh itu memang di digongseng di atas penggorengan atau di dalam oven,kalo teh yanglainnyakan biasanya di jemur untuk mengeringkannya, kalo teh Hōjicha itu digongseng di atas penggorengan atau di dalam oven untuk mengeringkannya gan..

      Delete
  3. thx info gan, tiap hari minum baru tau manfaatnya sekarang..
    Lumayanlah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo tiap hari minum pasti udah terasaadong manfaatnya

      Delete
  4. wah ternyata teh hijau banyak manfaatnya juga ya

    ReplyDelete
  5. wah ternyata teh hijau banyak manfaatnya juga ya

    ReplyDelete
  6. bagus sih, tapi kebanyakan minum yg berwarna gak bagus utk ginjal gan, sekedar info aja :D

    ReplyDelete
  7. Ternyata gak salah kalo minum teh banyak manfaatnya :)

    ReplyDelete
  8. teh hijau memang jos gan dlu ane tiap hari minum nih teh

    ReplyDelete