10 Manfaat dan Kandungan Buah semangka



Assalammualaikum wr wb :)
Semangka merupakan buah  yang sudah tidak asing lagi bagi kita, harganya yang merakyat dan warnanya yang menonjol membuat kita tertarik untuk mengkonsumsinya. Selain itu, rasanya yang segar membuat kita semakin senang dengan buah itu. Tapi anda tahu tidak bahwa sebenarnya semangka itu mempunyai kandungan dan manfaat, apa saja itu? simak penjelasnnya berikut.

Kandungan yang terdapat dalam buah semangka adalah :
  • Energi
  • Karbohidrat
  • Gula
  • Diet Serat
  • Lemak
  • Protein
  • Air
  • Vitamin A
  • Vitamin B1(Thiamine)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B3 (Niacin)
  • Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
  • Vitamin B6
  • Vitamin B9 (Folat)
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium
  • Seng
Cukup banyak bukan kandungannya? nah sekarang mari kita simak manfaatnya.
  1. Kaya akan likopen sebagai Antioksida
    Ternyata buah semangka kaya akan likopen, yang ternyata juga dapat menjadi antioksidan untuk kesehatan jantung dan tulang. Selain itu likopenpun dapat menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak kesehatan jaringan dan sel tubuh.
  2. Membuat kulit menjadi lebih sehat dan awet muda
    Nah disamping menjadi antioksidan, ternyata kandungan likopenpun dapat menunjang kecantikan wanita. 
  3. Menghindari Dehidrasi.
    Kandungan air yang banyak dalam semangka membuat semangka dapat membantu menghindari dehidrasi pada  taknya air dalam tubuh kita. Semangkapun menjadi makanan terfavorit di 4 negara dan menjadi buah kesukaan disaat kemarau di wilayah tropis.
  4. Menghindari Sembelit.
    Kandungan Serat yang banyak dalam semangka ternyata dapat membantu kita untuk terhindar dari sembelit.
  5. Menatralisir tekanan Hipertensi
    Banyaknya air dalam semangka, dapat membantu menetralisir tekanan darah tinggi (hipertensi) jadi sangat bermanfaat bagi tubuh kita.
  6. Mengurangi resiko terkena penyakit stroke
    Ternyata dengan mengkonsumsi 3 gelas jus semangka per harinya kita dapat mengurangi resiko terkena penyakit stroke.
  7. Mengurangi resiko terkena penyakit Diare
    Ternyata semangka dapat menurani resiko terkena penyakit diareloh. Caranya sama kita hanya dengan mengkonsumsi 3 gelas jus semangka per harinya kita dapat mengurangi resiko terkena penyakit diare.
  8. Menurunkan demam.
    Dengan mengkonsumsi buah semanka ternyata kita dapat menurunkan demamloh gan .
  9.  Mengobati sariawan
    Manfaat selanjutnya adalah dengan memakan buah semangka ternyata kita dapat mengobati sariawan.
  10. Anti kanker.
    Ternyata kandungan-kandungan gizi dlam buah semangka dapat menurunkan resiko terkena kankerloh. Diantaranya kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus buntu dan kanker endomentrium

Ternyata banyak ya gan manfaatnya, sebenarnya masih banyak manfaat lainnya juga. Ternyata disamping menyegarkan, juga baik ya bagi tubuh. Jangan lupa di share kawan ;)

Baca juga artikel terkait :



4 Manfaat Buah Lemon 

5 Manfaat Buah Apel

10 Manfaat buah Pisang

3 Manfaat Buah Zaitun Untuk Wajah

10 kandungan dan manfaat buah angur




5:40 AM - 38 komentar

38 Komentar untuk 10 Manfaat dan Kandungan Buah semangka

  1. aku suka semangka. Anakku juga. Cuma suka bete kalo makannya belepotan terus bekas2 merah gitu di baju, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih emangitu resikonnya, tapi coba cari deh semangka yang sehat tanpa pewarna, karena sekarang banyak pedagang yang menyuntikan pewarna pada buah semangka

      Delete
  2. Wihh seger tuh gan semangka nya hehe banyak manfaat nya ternyata makan semangka kesukaan gue tuh .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan kalo siang siang bisa bisa ngiler nih hahahhah :D

      Delete
  3. Wahhh aku tergiur sama manfaat yang bikin awet muda. hehe.
    Aku suka semangka, enak dan seger. Pernah juga mencoba nanem biji semangka tapi pada akhirnya enggak tumbuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahha saya juga tergiur gan :D sebenernya ada caranya loh gan biar cepet tubuh :D

      Delete
  4. joss gan ternyata buanyak sekali yya manfaat semangka

    ReplyDelete
  5. saya juga doyan semangka.... kalo ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahhah iya gan paling enak kalo buahnya udah ada

      Delete
  6. Replies
    1. wahh pasti udah sering dapet manfaatnya dong :D

      Delete
  7. tak kira semangka buah enak tanpa manfaat
    ditunggu kunjunganya www.kaclop.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di ssetiap buah pasti ada manfaatnya gan :D
      ok gan :)

      Delete
  8. ternyta semangka kaya akan manfaat juga broo tq :)

    ReplyDelete
  9. Wih kaya bener manfaat nih buah, tq gan ditunggu selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan ;) ok gan dan ditunggu juga kunjungan selanjutnya :)

      Delete
  10. wah banyak bener manfaatnya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan ternyata emang banyak manfaatnya ini buah

      Delete
  11. banyak juga ya gan kandungan dari semangka dan manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, dan sebenernya masih banyak loh manfaatnya :D

      Delete
  12. Wah banyak juga ya ternyata manfaat semangka.. Baru tau nih..

    ReplyDelete
  13. itu semangka merah ya gan,,, btw, klo semangka kuning sama juga gak gan kandungan dan manfaatnya??

    ReplyDelete
  14. Kebetulan lagi kena sembelit
    Thnaks infonya gan .. (Y)

    ReplyDelete