Manfaat buah ciplukan




Manfaat buah ciplukan
Assalammualaikum wr wb
Mungkin bagi sebagian besar orang yang ada di dunia kurang mengenal buah ini, ya... buah ciplukan. Buah ciplukan biasanya tumbuh liar berbentuk semak semak yang biasanya ada di daerah dataran rendah dan pedesaan. Buah ciplukan biasanya tumbuh kurang lebih hingga 1 meter dengan waktu hidup kurang lebih hanya satu tahun saja.


Tapi anda tahu tidak rasanya seperti apa? Kalo pengalaman saya ketika memakannya itu rasanya sejuk sejuk gitu deh tapi ada rasa pahitnya sedikit.
Mungkin anda mengira tumbuhan ini tidak ada manfaatnya karena hanya tumbuhan liar yang tumbuh secara liar dimana saja. Tapi ternyata buah ciplukan ini mempunyai banyak kandungan  dari mulai akar, daun, dan buahnya, apa saja kandungannya? Berikut adalah kandungan yang ada dalam buah ciplukan.
  • Gula
  • Vitamin C
  • Asam malat
  • Alkalois
  • Tannin
  • Kriptoxantin
  • Asam sitrun
  • Fisalin
  • Cholorogenik acid
Wahhh ternyata cukup banyak bukan kandungan dari buah tumbuhan liar ini. Pastinya banyak manfaatnya jugaloh, apa saja sih manfaatnya itu? Inilah beberapa manfaat dari buah ciplukan
  1. Sebagai obat batuk
  2. Dapat menetralkan racun dalam tubuh
  3. Dapat mengaktifkan kembali fungsi kelenjar tubuh
  4. Mengobati borok
  5. Mengobati masalah Bisul
  6. Mengobati kulit yang bergelembung
Mungkin manfaat di atas adalah manfaat yang mungkin bisa diberikan oleh beberapa buah lain, namun ada manfaat lainnya, yaitu:
  1. Mengobati rematik
    Teernyata buah ciplukan ini dapat menyembuhkan rematik, bagaimana caranya?
    Pertama, siapkan beberapa buah ciplukan kering
    Kedua, rebus air dalam panci hingga mendidih
    Ketiga, masukan beberapa buah ciplukan kering tersebut
    Keempat, tunggu hingga air dalam panci tersebut tinggal setengahya
    Kelima,diamkan hingga agak dingin
    Keenam, saringlah apa yang ada di dalam panci
    Ketujuh, Minumlah sehari 3x sebanyak kurang lebih setengah gelas saja.
  2. Mengatasi Diabetes melitus
    Buah ciplukan dapat mengobati diabetes melitus yang merupakan penyakit yang mematikan? Ya.... itu benar, bagaimana caranya? Cukup mudahloh
    Pertama, Carilah tumbuhan buah ciplukan.
    Kedua, Cabutlah bersama akarnya.
    Ketiga, Bersihkan Tumbuhan itu.
    Keempat, Layukan tubuhan tersebut.
    Kelima, Rebuslah Tumbuhan tersebut dengan air kurang lebih sebanyak 600ml.
    Keenam, Diamkan hingga air rebusan tersebut berkurang dan hanya tersisa kurang lebih 200 ml.
    Ketujuh, saringlah air rebusan tersebut.
    Ke delapan, minumlah sebanyak satu gelas setiap harinya.
  3. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi
    Manfaat yang selanjutnya selain dapat mengatasi diabetes melitus adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, benarkah itu? Bagaimana caranya?
    Pertama, siapkan buah ciplukan kurang lebih 5 gram
    Kedua, Rebuslah air kurang lebih sebanyak 110 gram hingga mendidih
    Ketiga, masukan buah ciplukan tersebut
    Keempat, aduk buah tersebut kurang lebih selama 15 menit.
    Kelima, angkat dan tiriskan.
    Keenam, saring air rebusan tersebut.
    Ketujuh, minumlah air tersebut 2 x 1 gelas perharinya.
  4. Membantu menyembuhkan penyakit ayan atau epilepsy
    Selain dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi penyakit diabetes melitus, dan meurunkan tekanan darah tinggi adalah dapat membantu menyembuhkan penyakit ayan atau epilepsy. Bagimanasih caranya?
    Caranya tidak serumit dengan cara diatas, untuk dapat yembuhkan penyakit ayan atau epilepsy, penderita hanya cukup memakan 7 hingga 10 butir buah ciplukan secara rutin.
  5. Meredakan sakit paru-paru
    Manfaat yang terakhir yang saya ketahui adalah dapat meredakan sakit paru paru, caranya cukup mudah, hanya saja anda harus menyiapkan seluruh bagian dari tumbuhan ini.
    Pertama, Siapkan seluruh bagian dari tumbuhan ini, dari mulai akar, batang, daun, buah dan bunganya
    Kedua, Rebuslah air sebanyak 600 ml hingga 1000 ml
    Ketiga, masukan buah tersebut
    Keempat, Tunggu hingga mendidih dan angkat
    Kelima, saringlah air rebusan tersebut
    Keenam, minum sebanyak 3 kali dalam sehari
Catatan : Usahakan untuk tidak menyimpan lama lama air rebusan ini,karena akan membuat senyawa dalam air itu menjadi rusak.

Mungkin itu yang saya ketahui, tentunya masih banyak manfaat lainnya dari buah ciplukan ini, semoga lain kali saya dapat menambahkannya. Jangan lupa untuk di share ya gan, dan jangan lupa untul tinggalkan komentar anda ;)

3:17 PM - 26 komentar

26 Komentar untuk Manfaat buah ciplukan

  1. wah banyak juga ya manfaanya makasih banyak sob

    ReplyDelete
  2. ane kira tu buah ga ada manfaat nya,ternyata banyak manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan pas ane masih kecil ane kira gak ada manfaatnya, tapi ternyata banyak juga

      Delete
  3. wah,, sangat bermanfaat kawan,, thanks infonya...

    ReplyDelete
  4. kirain gak ada vitaminnya :v dulu ane waktu kecil pernah makan kek gitu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga gan waktu kecil sering banget, tapi kalosekarang mungkin udah langka

      Delete
  5. makanan ane waktu bocah nih gan :D

    ReplyDelete
  6. wahhh.. baru tauuu anee gann.. keep post

    visit yak : http://datakubloger.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. ternyata banyak manfaatnya, tapi saya agak nggak suka sama rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan saya juga, tapi ya kalo buat dijadikan obat ya harus mau sama rasanya

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. ternyata banyak juga manfaatnya yak gan. :D kalo ditempat ane namanya latuik-latuik gan, wkwk :V

    visit disini gan http://joe-ngeblog.blogspot.co.id/2016/01/cara-mengganti-background-di-kotak.html

    ReplyDelete
  10. baru tau buah ini , soalnya ga pernah lihat .. banyak juga manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang emang udah jarang gan, iya gan lumayan banyak juga manfaatnya

      Delete
  11. Wah ternyata banyak manfaatnya ya?
    Itukan makanan saya waktu kecil di kampung

    ReplyDelete