10 Manfaat dan Kandungan Kolang Kaling atau Buah Atap




Manfaat dan Kandungan Kolang Kaling atau Buah Atap

Assalammualaikum wr wb
Kolang kaling, buah yang sangat dicari pada bulan ramadhan sebagai menu untuk berbuka puasa, tetapi ternyata dibalik harga yang cukup murah dengan barang yang sangat banyk beredar di masyarakat ketika bulan ramadhan, ada banyak kandungan beserta manfaatnya, apa saja itu? Mari simak penjelasannya:


Kolang kaling ternyata mempunyai beberpa kandungan yang baik bagi tubuh, Kandungan yang terdapat pada buah Kolang kaling atau Atap tersebut adalah :
  • Mineral
  •  Serat
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kalsium
  • Fosfor
  •  Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C

Setelah melihat beberpa kandungan yang ada pada buah kolang kaling, tentu saja itu semua mempunyai manfaat, manfaat buah Kolang Kaling atau Atap  tersebut diantaranya :
  1.  Kolang Kaling Melancarkan Pencernaan
    Kolang Kaling sangat baik untuk melancarkan pencernaan pada tubuh. Itu semua karena pada kolang kalong terdapat banyak serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Pencernaan disini berarti tubuh akan semakin mudah untuk membuang sisa metabolisme pada tubuh. 
  2.  Kolang Kaling dapat digunakan untuk diet.
    Ternyata kolang kalingg mempunyai kandungan karbohidrat yang sangat banyak, jadi ketika kita memakan kolang kalin, tubuh kita akan terasa lebih cepat kenyang, ini sangat membantu sekali bagi kalian yang ingin melakukan diet. 
  3.  Dapat menghindari makanan tinggi akan lemak.
    Karena karbohidrat yang ada dalam kolang kaling membuat kita kenyang, itu menjadikan kita untuk malas mengkonsumsi makanan makanan ringan lain yang banyak akan lemak. 
  4.  Mampu Memberikan energi
    Kandungan karbohidrat dalam buah kolang kaling ternyata dapat memberikan energi untuk tubuh kita. Ketika sesudah makan buah koalng kaling tubuh kitapun akan semakin terasa sehat karena telah terisi oleh karbohidrat yang ada pada kolang kaling. 
  5.  Obat Radang Sendi
    Masih mengenai karbohidrat dalam kolang kaling, kolang kaling mempunyai karbohidrat yan sering disebut galaktomannan. Bahan ini sering digunakan untuk menjadi bahan baku pembuatan obat nyeri radang sendi. Menurut para peneliti, kandungan karbohidrat yang ada pada kolang kaling ternyata dapat mengurangi rasa nyeri yang ada. Selain itu cara yang paling mudahnya adalah dengan mengkonsumsumsinya sebanyak 100 sampai 200 gram kolang kaling perharinya tanpa dicampur gula atau bahan bahan yang lainnya satu kali setiap harinya, ini akan membantu mengurangurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh radang sendi.
  6. Pertumbuhan Tulang
    Tingginya kadar kalsium pada kolang kaling ternyata dapat membantu pertumbuhan tulang pada tubuh, karena pada saat pertumbuhan tulang, tulang sangat membutuhkan tingkat kalsium yang baik, salah satunya kandungan kalsium yang ada pada kolang kaling. 
  7.  Mencegah Osteoporosis
    Kandungan kalsium pada Kolang kaling ternyata selain dapat membantu pertumbuhan tulang juga dapat mencegah teerjadinya osteoporosis. Osteoporosis ini sering terjadi pada wanita ketimbang pada pria. 
  8.  Dapat menjadi pengganti susu
    Nah bagi anda yang tidak suka dengan susu, ada baiknya anda sering mengkonsumsi kolang kaling karena di setiap 100 gram kolang kaling ada sekitar 91 miligram kalsium, cukup bukan untuk dijadikan sebagai pengganti susu? 
  9.  Kolang Kaling Mengobati Gatal-Gatal
    Sebelum dijadikan koalng kaling, buah aren mengandung getah yang apabila  terkena kulit akan terasa gatal. Namun apa jadinya jika buahnya dimakan? Nah jika buahya dimakan malah bisa dijadikan sebagai obat gatal gatal loh gan, cukup menarik bukan?
  10. Kolang Kaling Sumber Vitamin Sehat
    Kolang kaling sangat banyak mengandung vitamin, diantaranya ada viatmin A, B ataupun C yang bai untuk tubuh.

Ternyata walaupun buahnya kecil dan harganya tergolong murah, nuah ini mempunyai manfaat yang tergolong banyak ya gan, tapi selain yang disebutkan di atas, masih banyak manfaat lainnya yang dapat kita dapatkan. Jangan lupa untuk di share ya kawan.

Baca juga artikel terkait :
alasan mengapa kolang-kaling hanya ada di bulan ramadhan

12:12 AM - 20 komentar

20 Komentar untuk 10 Manfaat dan Kandungan Kolang Kaling atau Buah Atap

  1. tapi kenapa munculnya pas bulan puasa aja ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dibaca gan
      http://sharing-if.blogspot.co.id/2015/12/10-manfaat-dan-kandungan-kolang-kaling_11.html

      Delete
  2. Wah banyak sekali manfaatnya ya ternyata tapi kalo ane lihat itu gambarnya mirip batu akik ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya gan emang mirip, hati hati penipuan gan

      Delete
  3. saya baru tau kalo kolang kaling itu anti racun dari getahnya :| paling enak sih kolang kaling yang udh dikasih sirup haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh ya iya gan kalo udah dikasih sirup saya juga seneng banget

      Delete
  4. tambahin gan
    menyenyangkan perut

    ReplyDelete
  5. wih bagus2 nih manfaat kolang kaling
    thanks infonya

    ReplyDelete
  6. ternyata bnyak juga ya manfaatnya.. ga kalah sama buah mahal :)

    ReplyDelete
  7. banyak juga kandungannya mass..
    makasih jadi tau ane

    ReplyDelete
  8. wah banyak juga manfaatnya ya gan ane.

    ReplyDelete
  9. baru tau ane gan kalau kolang kaling bisa untuk gatal2, bermanfaat juga tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan ternyata kolang kaling banyak manfaatnya

      Delete
  10. baru tau tentang ini, bermanfaat banget, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama :) makasih juga atas kunjungannya :)

      Delete